Rabu, 02 Juni 2010

Rekayasa Perangkat Lunak

Perangkat lunak

Pengertian perangkat lunak itu sendiri yakni merupakan program komputer yang berfungsi sebagai sarana interaksi antara pengguna dan perangkat keras. Perangkat lunak dapat juga dikatakan sebagai 'penterjemah' perintah-perintah yang dijalankan pengguna komputer untuk diteruskan ke atau diproses oleh perangkat keras.

Perangkat lunak dapat dikategorikan menjadi tiga. Yakni:

1.

Tingkatan program aplikasi (application program misalnya OpenOffice.org),
2.

Tingkatan sistem operasi (operating system misalnya Ubuntu),
3.

Tingkatan bahasa pemrograman (yang dibagi lagi atas bahasa pemrograman tingkat tinggi seperti Pascal dan bahasa pemrograman tingkat rendah yaitu bahasa rakitan).

Karakteristik Perangkat Lunak

1.Perangkat lunak merupakan produk yang lebih mengorientasikan penekanan pada kegiatan rekayasa dibandingkan kegiatan manufacturing.

2.Perangkat lunak bukanlah produk yang dapat usang untuk kemudian dibuang seperti perangkat keras.

Rekayasa Perangkat Lunak

Rekayasa perangkat lunak merupakan suatu disiplin ilmu yang membahas semua aspek produksi perangkat lunak, mulai dari tahap awal requirement capturing (analisa kebutuhan pengguna), specification (menentukan spesifikasi dari kebutuhan pengguna), desain, coding, testing sampai pemeliharaan sistem setelah digunakan.

Selain itu rekayasa perangkat lunak juga dapat diartikan sebagai teknik pengembangan perangkat lunak yang telah ada untuk kemudian dihasilkan sebuah perangkat lunak yang lebih efektif, efisien, dan memudahkan penggunaannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar