Rabu, 09 Juni 2010

Fakta Menyedihkan Hewan Langka di Indonesia

Indonesia terkenal dengan keanekaragaman hayati yang besar. Diperkirakan bahwa sebanyak 300.000 spesies hewan yang menghuni ekosistem di negeri ini. Ini artinya setara dengan sekitar 17% spesies fauna di seluruh dunia. Dengan jumlah 515 spesies mamalia, Indonesia memiliki lebih banyak spesies mamalia daripada bangsa manapun. Juga ada 1.539 spesies burung dan serta 50% dari spesies ikan seluruh dunia dapat ditemukan dalam sistem air laut dan air tawar.

Namun begitu, Indonesia juga memiliki spesies paling terancam punah. Tujuh tahun yang lalu World Conservation Union (IUCN, 2003) telah mengeluarkan daftar hewan yang terancam punah, sebanyak 147 jenis mamalia, 114 burung, 91 spesies ikan dan invertebrata 2b. Bagaimana dengan sekarang???. Upaya konservasi menjadi hal utama jika spesies ini tidak ingin punah dalam waktu dekat.

Perdagangan satwa liar merupakan ancaman serius bagi banyak spesies di Indonesia. Lebih dari 95% satwa yang dijual di pasar yang diambil langsung dari alam dan bukan hasil penangkaran. Dan Lebih dari 20% satwa yang dijual di pasar untuk konsumsi adalah hewan yang dilindungi. Meskipun demikian, spesies terancam punah dan dilindungi tersebut masih banyak diperdagangkan secara bebas, tentunya harga hewwan langka tersebut semakin melambung tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar