Jumat, 28 Mei 2010

Dalam pengimplementasian sebuah sistem informasi

1.Manfaatan dan ke untugan dari sistem informasi
1.Sebagai penentu kesuksesan bisnsi pada fungsi acountinng ,finance,operation menentukan menegemen,marketing dan humana resource menegemen.
2.Berkontribusi penting dalam bidang usaha seperti efisienci,produktifitafas pegawai dan memeuaskan pelngan.
3.Sebagai sarana yang efektif untuk pengambilan keputusan ditingat managemer dan bisnsis profesional.
4.Mendukung pengembangan produk dan jasa pelyanan dan memeberikan keuntugan strtegis suatu organisai dalam global marketplace.
5.Memberikan kesempatan dan peleuang karir bagi berjuta pegawai.
6.Komponen penting dalam menyatukan sumber daya,infrastruktur dan jaringan bisnsi.


2.Kekurangan dalam sistem informasi

1.keluwesan sistem
Sistem yang berjalan di instansi belum dapat menyesuaikan dengan segala keadaan maupun perubahan yang terjadi. Sebagai contoh, jika terjadi perubahan peraturan perundang-undangan tentang tarif gaji, maka sistem lama tidakdapat melakukan perubahan secara bersamaan terhadap seluruh data pegawai.
2.kemudahan akses
Aplikasi di dalam mengolah data penggajian belum mampu untuk dapat membaca atau memahami segala persoalan.
3.kapasitas dari sistem

Sistem hanya mampu menampung sebagian data-data tentang pegawai yang berguna sebagai dasar penentuan gaji. Hal-hal lain yang dibutuhkan, seperti data gaji berkala pegawai belum dapat ditampung dalam sistem lama.
4.ketepatan waktu menghasilkan informasi
Sistem yang ada dapat dikatakan memiliki ketepatan waktu dalam menghasilkan informasi. Hal ini terbukti dari pembayaran gaji pegawai yang tidak pernah terlambat
5.keamanan sistem
Kemampuan sistem untuk mengendalikan segala bentuk atau segala macam bahaya maupun bencana yang dihadapi belum dimiliki oleh sistem yang ada.
6.Kemudahan simtem
Sistem yang ada dapat dikatakan mudah untuk digunakan oleh pegawai pembuat daftar gaji karena telah familiar.
7.nilai ekonomis dari sistem
Sistem yang ada masih lemah dari aspek ekonomi. Hal ini disebabkan oleh pemborosan kertas dan tinta yang terjadi setiap kali laporan salah dicetak, sehingga sumber-sumber dana kurang dapat dialokasikan dengan baik dan tepat.
8.ketepatan nilai dari informasi
Kemampuan sistem untuk dapat memberikan jawaban atau solusi yang tepat belum dimiliki oleh sistem yang ada. Sebagai contoh, untuk mengetahui daftar gaji pegawai dengan kriteria tertentu tidak dapat diketahui melalui aplikasi yang digunakan, melainkan dengan mengeceknya pada daftar gaji pokok PNS yang dilampirkan dalam Peraturan Pemerintah.

3.Kendala dalam mingemplementasi sebuah simstem informasi
Dalam tahap analisis

1. tidak sesuai dengan prosedur karena masalah-masalah baik yang terjadi didalam atau diluar organisasi

2. tidak tepatnya konsep yang direncanakan untuk program yang akan diimplementasikan karena beberapa factor yang terjadi diluar dugaan

Dalam tahap desing

1. desain nya tidak sesuai dengan yang diinginkan dan susah untuk beradaptasi dengan desain yang baru dengan cepat untuk menunjang suatu organisasi

Dalam tahap implementation

1. kegiatan spesifikasi rancangan logikal ke dalam kegiatan yang sebenarnya dari sistem informasi yang akan dibangunnya atau dikembangkannya tidak sesuai dengan keadaan atau kondisi dilapangan
2. Tdk dapat Mengimplementasikan sistem yang baru dengan benar karena kurangnya kemampuan individu
3. tidak optimalnya system yang dijalankan karena situasi yang ada dan kurang mendukung


4. Bagaimana cara mengatasi kendala yang dihadapi
tersebut
Cara mengatasi kendala tersebut dengan cara
1. Mengidentifikasi masalah :
a. Penyebab masalah yang ada
b. Mengkaji ulang subyek-subyek permasalahan Apa masalahnya
c. perkiraan jawaban/penyebab masalah
d. Identifikasi titik keputusan penyebab masalah Suatu kondisi yang menyebabkan sesuatu terjadi.

2. Membuat laporan hasil analisis
a. Konfirmasi hasil-hasil temuan kepada pihak yang dipercaya
b. Meminta masukan dari pihak yang bisa dipercaya
c. Meminta persetujuan dari pihak yang terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar