Selasa, 30 Maret 2010

Perangkat Lunak Database

Tiap sistem manajemen database tergantung pada empat modul perangkat lunak utama yang bertindak sebagai penghubung antara pemakai dan komputer. Modul-modul ini adalah modul : definisi data, manupilasi data, laporan/pertanyaan, dan kamus data.
1. Modul Definisi Data
Modul definisi data adalah modul memulai mana struktur data atau format data didefinisikan. Kolom (field) nama, panjang kolom, dan jenis data di antara lain-lain informasi, semuanya dimasukkan melalui suatu bahasa definisi data (data definition langsung/DDL) ketika database mulai dibuat.
2. Modul Manipulasi Data
Modul definisi data menempatkan struktur pada data yang disimpan dalam database, di mana modul manipulasi data membuatnya dapt menggunakan database melalui suatu bahasa manipulasi data (data manipulation languagel/DML). Ini adalah bahasa perintah melalui mana pendesain atau pemakai dapat mengakses, memproses, dan memanipulasi database.
Bahasa manipulasi data adalah sejenis bahasa komputer tingkat tinggi dan digerakkan kembali jauh mulai dari detail yang harus ditangani bahasa program tradisional seperti COBOL atau BASIC. Bahasa tersebut didesain untuk pemakai yang relatif mudah dan hanya mensyaratkan agar pemakai menspesifikasikan apa yang diperlukan. Ingatlah bahwa fungsi perangkat lunak DBMS adalah menggambarkan detail-detail.
3. Modul Laporan/Pertanyaan
Modul Laporan/Pertanyaan dalam DBMS menyediakan kerangka kerja dan bimbingan dalam mendesain laporan. Pada satu modul laporan komersial, desain laporan dimulai dengan bentuk laporan. Pada langkah ini pendesain memasukkan atau “paints” judul, kolom kepala, dan lain-lain materi uraian yang akan dimasukan dalam laporan pada layar (komputer) terminal. Kemudian nama-nama kolom (fields) yang akan mengidentifikasikan kebutuhan data dimasukkan ke komputer. Berikutnya, ditentukan pada layar tempat beberapa item data akan diletakkan pada laporan, akhirnya, struktur laporan tersebut disimpan (save) sebagai file terpisah. Bilamana laporan diperlukan , file laporan akan secara otomatis mengakses data paling baru dari database dan menampilkannya dalam bentuk spesifik pada file laporan.
4. Kamus Data
DBMS menyimpan kumpulan beberapa item data yang terpisah yang dapat digunakan pemakai pada beberapa aplikasi secara bersama-sama, adalah penting bahwa beberapa mekanisme digunakan untuk menyediakan informasi mengenai beberapa item data bersangkutan. Itu adalah fungsi dari kamus data. Kamus data adalah suatu file yang terpisah yang menyimpan informasi seperti :
• Nama setiap item/jenis/kolom data.
• Struktur data untuk tiap item.
• Program yang menggunakan tiap item.
• Tingkat keamanan untuk setiap item.
Kamus data berguna khusus bagi perlindungan timbulnya kelebihan data. Tanpa kamus data, pemakai dari lain bagian mungkin menyimpan versi identik dari item data yang sama pada beberapa lokasi, di mana masing-masing item dat mempunyai nama berbeda.
Kamus data juga mengelola daftar “password” yang mengawasi akses ke sistem atau komputer. Password adalah sebuah kata atau nomor yang hanya diketahui seorang pamakai yang mempunyai wewenang untuk mengakses ke komputer. Bila pemakai mencoba untuk mengakses ke komputer dengan password yang salah maka akses akan ditolak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar